LOMBA MASAK SERBA IKAN TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2018

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2018 di Palangkaraya, Kamis 13 September 2018. Kegiatan ini merupakan acara tahunan dengan peserta dari TP-PKK Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah yang sebelumnya telah menjuarai Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten/Kota.

Laporan dari Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir.H.Darliansjah,M.Si melaporkan bahwa peserta Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2018 diikuti oleh 11 Peserta TP-PKK yang terdiri dari  10 TP-PKK Kabupaten dan 1 TP-PKK Kota. Beliau juga melaporkan bahwa juri-juri Lomba Masak ini terdiri dari ketiga Dewan Juri yaitu Perwakilan dari Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan (PDSPKP), Chef Aquarius Boutique Hotel Palangkaraya dan PERSAGI/Ahli Gizi dari Poltekes Palangkaraya. Harapan dari Ir.H.Darliansjah,M.Si agar kedepan tujuan dalam meningkatkan kesadaran konsumsi ikan bukan hanya dalam lomba masak saja, tapi dari berbagai kegiatan lainnya seperti kegiatan melukis sesuatu bernuansa ikan, maupun ajang fotografi bernuansa ikan.

Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2018 yang mengangkat Tema : Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah, ibu Agustianingsih Said Ismail.  Beliau berharap agar melalui Lomba Masak Serba Ikan ini dapat mengembangkan tingkat kreativitas dan inovasi dalam hal memasak ikan, sehingga dapat hasil dari lomba ini dapat menjadi salah satu masakan khas Kalimantan Tengah yang dapat didesimenasikan hingga ketingkat nasional bahkan internasional.

Kabupaten Kotawaringin Timur sendiri mengirimkan perwakilan TP-PKK dari Kecamatan Pulau Hanaut yang sebelumnya telah memenangkan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten pada bulan Mei di Borneo Citi Mall Sampit. Ibu-ibu TP-PKK yang diwakilkan oleh Ibu Sri Hartini,S.Sos dan Ibu Sulistiawati memasak 3 menu, yaitu Menu Keluarga yang dimasak secara live dengan waktu 1 jam menggunakan bahan baku ikan Bandeng (Chanos chanos), serta Menu Kudapan dan Menu Balita yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan bahan baku ikan yang menjadi potensi/unggulan daerah. Menu masakan andalan dari peserta Kabupaten Kotawaringin Timur adalah “Sop Pelangi” yang menjadi Menu Keluarga, “Bolu Gulung Ikan Jelawat” yang menjadi Menu Kudapan, dan “Nasi Burger” yang menjadi Menu Balita.  Ketua TP-PKK Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj. Khairiah Halikinnor,A.Md juga turut hadir dalam kegiatan ini dan memberikan semangat kepada ibu-ibu TP-PKK Kecamatan Pulau Hanaut yang ikut bertanding dalam lomba.

Sayangnya, tahun 2018 ini Kabupaten Kotawaringin Timur belum bisa mendapatkan juara. Juara 1 Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi dari Kabupaten Barito Selatan, Juara 2 dan 3 dari Kota Palangkaraya dan Kabupaten Barito Utara. Untuk Juara Harapan dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Gunung Mas. Sedangkan Juara Favorit dari Kabupaten Kapuas.

Diharapkan untuk kedepannya, TP-PKK yang sudah memenangkan lomba di kabupaten agar memperdalam lagi kreatifitas dan inovasi untuk menciptakan produk dan resep baru yang lebih berkualitas, dengan cara mencari ilmu memasak dengan orang yang lebih ahli dalam bidang memasak (Chef atau Ahli Tata Boga), mempelajari ilmu mengenai komposisi gizi yang tepat, serta penyajian makanan/Food Plating. Diharapkan juga sebelum berlomba di tingkat Provinsi, pemenang harus mempelajari semua aturan dan peraturan yang diberikan oleh pihak penyelenggara dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah.

“hayu itah mampakasak lauk….uluh je rajin kuman lauk pasti barigas”