Soft Opening Innovation Project Co-Management “Pojok Kampung Jelawat”

Undang Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mengharuskan Pemerintah Daerah melakukan pembaharuan diberbagai sektor termasuk sektor Kelautan dan Perikanan sebagai suatu langkah untuk mengatasi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks dan peningkatan daya saing antar daerah. Inovasi dalam pembangunan perikanan yang berjalan secara komprehensif serta terjadinya kolaborasi antara aktor pembangunan merupakan faktor kunci peningkatan daya saing, oleh karena itu Innovation Project Colaboration Management (CO-Management) antara dinas perikanan dengan API UMKM Kab. Kotawaringin Timur “POJOK KAMPUNG JELAWAT” sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kab. Kotawaringin Timur.

Peningkatan daya saing & memperkuat kohesi sosial mensyaratkan daerah untuk melakukan Inovasi diberbagai bidang pembangunan.
Langkah-langkah inovasi merupakan rangkaian elaboratif guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi, karena Inovasi disadari tidak dapat berjalan secara sporadis dan parsial, harus merupakan kolaborasi antar aktor-aktor yang saling berinteraksi dalam suatu sistem.
Budaya inovasi harus didorong agar keunggulan-keunggulan daerah mampu berkembang sesuai dengan potensi terbaik yang dimiliki.
#Pojok_KamPUng_Jelawat# atau Pojok Kemasan Product Unggulan Jelawat__ adalah Desain Inovasi yang sekaligus menjadi Project Innovatian Co Management antara Dinas Perikanan Kab. Kotim dengan Distri 1 Perikanan API (Aliansi Penggerak Industrii) UMKM Kab. kotim
Idea ini muncul ketika kesulitan mempromosikan lebih luas Rumah Kemasan. Karena banyak yang tidak mengetahui apa fungsi dan manfaat rumah kemasan serta upaya meningkatkan kinerja Rumah Kemasan dalam pelayanan meningkat daya saing dan nilai tambah hasil pengolahan perikanan sekaligus sumber pendapatan daerah.

Disisi lain para UMKM Pengolah hasil perikanan kesulitan dalam pemasaran sehingga perlu memberikan wadah dan ruang kreasi dan berusaha mensajikan varias menu berbahan ikan jelawat di #Dapur_Olah_Oleh_Jelawat# sebagai fresh zone nya “:Pojok Kampung Jelawat#
Co management sendiri…merupakan upaya untuk bekerjasama mengelola Pojok Kampung Jelawat secara terintegrasi antara Rumah Kemasan yang menjadi satuan pelayanan Dinas Perikanan dan Dapur Olah Oleh yang dikelola API UMKM Kotim.
Sehingga tercipta hubungan fungsional baik dalam pembinaan, peningkatan usaha sekaligus sebagai sarana Promosi serta menjadi pilihan wisata kuliner rakyat di Kota Sampit….

Soft Openning #Pojok_Kanpung_Jelawat# tanggal 30 Agustus 2019 dihadiri Wakil Bupati, Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Dir Pakan,, Dandim, Sekda, PKK serta SOPD terkait adalah bentuk InnovAction / tahapan deliver laboratorium ujicoba co_manegement untuk melihat respon pangsa pasar dan ruang monev terhadap desain aliansi strategis, internalisasi learning, komitmen dan distribusi kapasitas untuk next on___launching innovation project daerah yang lebih adaftive & protetive.