Serah Terima Bantuan Bibit Ikan Jelawat dan Patin di Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur

Kamis, 24 Oktober 2019, bertempat di Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur, dilaksanakan kegiatan serah terima bantuan bibit ikan jelawat dan patin dari  BPBAT Mandiangin kepada Dinas Perikanan Kab. Kotim yang selanjutnya diserahkan kepada Pokdakan (kelompok Pembudidaya Ikan) Manjuhan Belum dari kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang dan Pokdakan Mina Makmur dari Desa Bapinang Hulu Kecamatan Pulau Hanaut .

Sumber : Dinas Perikanan Kab. Kotim

Penyerahan bibit ikan ini merupakan lanjutan dari program bantuan dari Direktorat Jendran Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Bantuan diberikan secara bertahap. Untuk tahap ini bibit ikan jelawat yang diserahkan adalah sebanyak 55.000 ekor sedangkan untuk bibit ikan patin sebanyak 20.000 ekor. Untuk ikan jelawat nantinya akan dilakukan penebaran di KJA (Karamba Jaring Apung) .

Sumber : Dinas Perikanan Kab. Kotim

Perwakilan teknis dari BPBAT Mandiangin memberikan pengarahan tentang cara pelepasan benih yang baik serta penanganan apabila terjadi kematian pada ikan. Diharapkan setelah adanya pemberian bantuan bibit ikan ini dapat lebih memotivasi pelaku usaha perikanan untuk melakukan kegiatan budidaya pembesaran.

Selanjutnya, setelah serah terima bibit secara simbolis, kemudian kelompok melakukan tebar bibit di lokasi pembesaran masing – masing, untuk ikan jelawat di KJA yang ada di Kelurahan Tanah Mas kecamatan Baamang sedangkan ikan patin di Desa Bapinang Hulu Kecamatan Pulau Hanaut.

Sumber : Dinas Perikanan Kab. Kotim

Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur meminta kepada anggota kelompok untuk memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin agar mampu meningkatkan kapasitas produksi budidaya dan kesejahteraan kelompok. Anggota kelompok sangat antusias dan mengapresiasi bantuan bibit ikan jelawat yang diberikan, dengan harapan melalui bantuan ini dapat meningkatkan produksi budidaya ikan secara maksimal dan meningkatkan .

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*