PENDAMPINGAN DAN SOSIALISASI TEKNIK PERIKANAN BAGI PELAKU USAHA PERIKANAN DI KECAMATAN PULAU HANAUT

Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur melalui program Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Sosialisasi Teknik Perikanan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Kecamatan Pulau Hanaut. Kegiatan ini merupakan satu usaha upaya untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha perikanan agar menjadi pelaku usaha perikanan yang mandiri dan berdaya saing. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, pada  tanggal 20 Maret 2019 bertempat di aula kantor camat Pulau Hanaut. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari desa Bapinang Hulu,  desa Bapinang Hilir, desa Hanaut, desa Babaung, desa Penyaguan  dan Desa Bamadu. Para peserta merupakan pelaku usaha perikanan yang tergabung dalam kelompok usaha perikanan, yaitu kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), dan kelompok usaha penangkapan ikan (KUB perikanan). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha perikanan dibidang teknik perikanan. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan menjadi modal untuk dapat mngembangkan  usahanya, sehingga menjadi pelaku usaha perikanan yang maju, mandiri dan berdaya saing. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan produksi hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan meningkatkan pendapatan daerah disektor perikanan.

Kegiatan Pendampingan dan sosialisasi Teknik Perikanan ini dibuka secara resmi oleh  Kepala Dinas Perikanan Kab.Kotim Bpk. Drs.Heriyanto SH,M.Pd, yang dihadiri Sekretaris Camat, aparat kecamatan Pulau Hanaut, Narasumber kegiatan, peserta kegiatan dan undangan lainnya. Pada sambutannya Kepala Dinas Perikanan,  Drs.Heriyanto, SH.M.Pd berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menyimak dengan baik materi dan informasi yang diberikan oleh narasumber dan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan dapat diterapkan pada usahanya masing-masing.

Pada kegiatan ini, Narasumber berasal dari Dinas Perikanan Kab. Kotim dan dari Asuransi Jasindo Sampit.  Materi yang diberikan adalah yang berkaitan dengan pengelolaan perikanan daratan/air tawar, mekanisme penyaluran bantuan perikanan, cara budidaya ikan yang baik, informasi kartu KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Perikanan), kelembagaan perikanan dan informasi mengenai asuransi nelayan dari Jasindo Sampit. Setelah materi diberikan peserta diberikan waktu untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan dan diberikan waktu/kesempatan untuk bertanya kepada narasumber yang berkaitan dengan teknik perikanan yang telah disampaikan oleh narasumber.