PENDAMPINGAN DAN SOSIALISASI TEKNIK PERIKANAN BAGI PELAKU USAHA PERIKANAN DI KECAMATAN TELUK SAMPIT

 

Salah satu usaha untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha perikanan yang mandiri dan berdaya saing adalah melalui pendampingan dan sosialisasi teknik perikanan bagi pelaku usaha perikanan. Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur melalui program Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Sosialisasi Teknik Perikanan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Kecamatan Teluk Sampit, yang dilaksanakan selama 1 hari, pada  tanggal 21 Februari 2019 bertempat di aula kantor camat Teluk Sampit. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang yang berasal dari desa Ujung Pandaran,  Lempuyang, Kuin Permai, Reggei Lestari dan Desa Basawang. Para peserta merupakan pelaku usaha perikanan yang tergabung dalam kelompok usaha perikanan, yaitu kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), dan Kelompok usaha penangkapan ikan (KUB perikanan). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha perikanan dibidang teknik perikanan terutama teknik budidaya ikan. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan menjadi modal untuk dapat mngembangkan  usahanya, sehingga menjadi pelaku usaha perikanan yang maju, mandiri dan berdaya saing. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan produksi hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan meningkatkan pendapatan daerah disektor perikanan.

Sebelum kegiatan Pendampingan dan Sosialisasi Teknik Perikanan ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penebaran benih ikan lele ( ± pukul 07.00 WIB), yang merupakan bantuan Dinas Perikanan untuk kelompok Usaha Bersama bagi warga relokasi di desa Ujung Pandaran kecamatan Teluk Sampit, kemudian dilanjutkan kegiatan Pendampingan dan sosialisasi Teknik Perikanan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh  Kepala Dinas Perikanan Kab.Kotim, yang dihadiri aparat kecamatan Teluk Sampit, Narasumber kegiatan, peserta kegiatan dan undangan lainnya. Pada sambutannya Kepala Dinas Perikanan,  Drs.Heriyanto, SH.M.Pd berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menyimak dengan baik materi yang diberikan oleh narasumber dan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan dapat diterapkan pada usahanya masing-masing.

Pada kegiatan ini, Narasumber berasal dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Kab.Banjar Kalimantan Selatan, Dinas Perikanan dan dari Dinas Koperasi dan UKM Kab.Kotim. Materi yang  diberikan berupa teknik budidaya ikan lele dengan sistem bioflok di kolam terpal bundar, informasi dan pengelolaan perikanan, pembentukan kelompok perikanan dan mekanisme pembentukan koperasi perikanan.