PANEN RAYA IKAN PATIN DESA BAPEANG

Kamis, 30 Agustus 2018, Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur melaksanakan Panen Raya Ikan Patin yang diselenggarakan di Desa Bapeang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Panen Raya kali ini langsung dihadiri oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP-RI, Direktur Pakan dan Obat Ikan KKP – RI, Kepala UPT Balai Besar Air Tawar Mandiangin, dan dibuka oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Kegiatan Panen Raya Ikan Patin tahun 2018 ini mengangkat Tema : Melalui Sektor Perikanan Budidaya, Kita Wujudkan Ketahanan Pangan Yang Mandiri, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan Untuk Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat.

Drs.HERIYANTO,SH.,M.Pd, selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur melaporkan bahwa Panen Raya ini dilaksanakan oleh Kelompok Maju Bersama dengan ketua Sdr. Abdul Kholik yang merupakan kelompok binaan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur. Komoditas ikan yang dibudidayakan oleh kelompok masyarakat Desa Bapeang adalah ikan patin, dengan jumlah kolam yang ada ±225 kolam dengan rata-rata luasan kolam 10 × 20 m, yang sebagian besar kolamnya merupakan bekas galian tanah pembuatan bata. Dan berdasarkan informasi yang didapatkan dari ketua kelompok bahwa panen kali ini mencapai ± 40 ton atau ± 90.000 ekor dengan size 0,5 kg/ ekor dari ± 45 kolam yang ada.

Selanjutnya, Dirjen Perikanan Budidaya KKP–RI, Ir. SLAMET SOEBJAKTO mengatakan bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki hasil perikanan yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari potensi Perikanan Budidaya yang terdiri dari budidaya kolam, karamba di perairan sungai dan budidaya tambak di perairan payau. Melalui kegiatan Panen ini, Dirjen Perikanan Budidaya KKP-RI memberikan bantuan yang langsung diberikan kepada kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, berupa bantuan 1 juta ekor Benih dan 5 ton Pakan yang didukung oleh UPT Balai Besar Air Tawar Mandiangin. Selain itu juga melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur dapat mengusulkan bantuan 1 paket Mesin Pakan untuk mendukung program gerakan pakan mandiri dan alat berat berupa Exafator untuk mendukung pengembangan kawasan budidaya air payau.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, M. TAUFIQ MUKRI menyebutkan bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur melalui program prioritas siap mendukung pengembangan budidaya berbasis kawasan dan komoditas unggulan melaui 3 strategi, yaitu Pengembangan Kawasan Minapolitan, Pengembangan dan Pelestarian Ikan Lokal Jelawat yang merupakan Ikon Kota Sampit, serta Pengembangan Ikan Introduksi melalui Pola Budidaya Perikanan Karamba, Kolam dan Sistem Bioflok. Beliau juga mengharapkan, agar kegiatan seperti ini tidak hanya bisa dilakukan oleh Desa Bapeang saja tapi harus diikuti oleh desa atau wilayah lainnya dengan komoditas yang berbeda–beda. Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program Pengembangan Sektor Perikanan Budidaya, termasuk kepada PT PELINDO III yang telah melaksanakan Program CSR berupa Bantuan Pembangunan Gedung Pertemuan dan Gudang Pakan bagi Kelompok Maju bersama di Desa Bapeang. Diharapkan dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang telah disediakan dapat menjadi semangat dan motivasi kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur untuk terus memperhatikan dan selalu mendampingi kelompok masyarakat pelaku usaha perikanan, serta meningkatkan sarana dan prasarana dalam peningkatan produksi perikanan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Diharapkan dengan adanya momentum Kegiatan Panen Raya ini, dapat menambah wawasan bagi kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur agar dapat meningkatkan aktivitas produksi serta kemandirian dalam melakukan kegiatan usaha budidaya perikanan sesuai dengan program kerja Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur.