Serah Terima Bantuan Mesin Pakan Kepada Kelompok Pembudidaya Ikan

Ujung Pandaran, pada hari rabu (11/12/2019) telah dilaksanakan serah terima bantuan mesin pakan skala dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Usaha Bersama dan POKDAKAN Mina Makmur. Bantuan ini merupakan program Gerakan Pakan Ikan Mandiri (GERPARI) dari Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Kelautan Kalimantan Tengah.

Bantuan ini untuk menekan biaya produksi yang dibebankan oleh tingginya harga pakan ikan pabrikan. Gerpari merupakan program yang bertujuan untuk menekan biaya produksi yang disebabkan oleh tingginya harga pakan ikan pabrikan. Sehingga nantinya diharapkan mampu meningkatkan keuntungan yang diperoleh pembudidaya ikan. Dimana biaya untuk pembelian pakan ikan untuk kegiatan budidaya mencapai 60 hingga 70 persen dari total biaya operasional.

Mesin yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanana Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 2 unit mesin pakan skala mini. Sumberdaya untuk bahan baku pembuatan pakan seperti dedak, ikan rucah dapat dimanfaatkan oleh kelompok untuk membuat pakan mandiri, sehingga bisa mengurangi biaya produksi budidaya dan apabila terus berkembang mampu dijadikan peluang bisinis pemenuhan pakan ikan.

Dengan bantuan sarana yang telah disalurkan ini diharapkan pembudidaya dapat mengurangi penggunaan pakan pabrikan atau pakan jadi. Sehingga biaya operasional dapat ditekan seminimal mungkin sehingga meningkatkan pendapatan pembudidaya. Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur siap memberikan pendampingan dan pelatihan pembuatan pakan bagi kelompok.