Serah Terima Bibit Ikan di Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur

Sumber: Dinas Perikanan Kab. Kotim

Rabu (6 Maret 2019) bertempat di Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur, telah dilaksanakan kegiatan serah terima bibit ikan dari BPBAT Mandiangin kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur secara simbolis oleh Bapak Ir. Wahyutomo selaku koordinator bantuan regional Kalimantan Tengah kepada Bapak Drs. Heriyanto, SH, M.Pd. Bantuan bibit tersebut kemudian diserahkan kepada kelompok penerima yaitu POKDAKAN “Manjuhan Belum” dan Koperasi “Mitra Nelayan Sijura”.

Penyerahan bibit ikan patin dan nila ini merupakan lanjutan dari program bantuan dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan. Bibit ikan patin dan nila tersebut dikirim dari BPBAT Mandiangin (Balai Perikanan Budidaya Air Tawar) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.  Bantuan diberikan secara bertahap. Untuk tahap ini bibit yang diserahkan adalah sebanyak 150.000 ekor, yang terdiri dari 100.000 ekor patin dan 50.000 ekor nila.

Setelah kegiatan serah terima dilaksanakan selanjutnya perwakilan teknis dari BPBAT Mandiangin melakukan pengecekan kualitas air kolam-kolam milik kelompok yang akan ditebar benih tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi air kolam sudah baik dan siap ditebar bibit ikan, sehingga tingkat keberhasilan dari kegiatan budidaya juga akan tinggi. Setelah kondisi lingkungan yaitu air kolam dinyatakan layak maka dilakukan penebaran bibit ikan. Selain melakukan pengecekan kualitas air dan pendampingan penebaran benih, perwakilan teknis dari BPBAT Mandiangin juga memberikan pengarahan tentang cara pengolahan kolam dan air serta penanganan apabila terjadi kematian pada ikan.

Diharapkan setelah adanya pemberian bantuan bibit ikan ini dapat memotivasi pelaku usaha perikanan untuk melakukan kegiatan budidaya pembesaran. Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur meminta kepada anggota kelompok untuk memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin agar mampu meningkatkan kapasitas produksi budidaya dan kesejahteraan kelompok. Anggota kelompok sangat antusias dan mengapresiasi bantuan bibit ikan patin dan nila yang diberikan, dengan harapan melalui bantuan ini dapat meningkatkan produksi budidaya ikan secara maksimal.