PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA PERIKANAN MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN, SOSIALISASI DAN DIKLAT BAGI PELAKU USAHA PERIKANAN

Pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Kotawaringin  dihadapkan pada salah satu pemasalahan yaitu masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha perikanan. Hal ini berdampak pada masih belum optimalnya pemanfaatan dan pengelolaan potensi perikanan yang mempengaruhi pendapatan daerah dari sektor perikanan. Oleh karena itu pemberdayaan pelaku usaha perikanan perlu terus dilakukan untuk meningkatkan sumberdaya manusia perikanan dalam hal teknik perikanan.

Dalam rangka melaksanakan program pemberdayaan pelaku usaha perikanan,  Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur  telah mengalokasikan dana yang ditujukan bagi  peningkatan kapasitas pelaku usaha perikanan baik itu pembudidaya ikan, nelayan, pengolah maupun pemasaran hasil perikanan yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Program ini merupakan program tahunan Dinas Perikanan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi permintaan dan kebutuhan para pelaku usaha perikanan  untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan usahanya baik usaha budidaya ikan, penangkapan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Memasuki tahun Anggaran 2019, untuk merealisasikan program tersebut diatas, kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pendampingan dan sosialisasi teknik perikanan bagi pelaku usaha perikanan dan kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat)/pembelajaran teknik perikanan (magang) bagi pelaku usaha perikanan. Untuk kegiatan pendampingan dan sosialisasi akan dilakukan berupa pertemuan dan tatap muka yang berisi bimbingan teknik perikanan dengan menghadirkan narasumber sesuai klasifikasi keahliannya masing-masing. Sedangkan untuk kegiatan diklat, para pelaku usaha perikanan akan diikutsertakan utuk mengikuti pembelajaran teknik perikanan (magang) selama beberapa hari di Balai Diklat Perikanan yang telah bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dengan adanya program ini, diharapkan kedepan kemampuan para pelaku usaha perikanan di Kabupaten Kotawaringin dalam mengembangkan usaha perikanan dapat meningkat dan dapat berdaya saing dengan daerah lain yang sektor perikanannya lebh maju. Dengan meningkatnya pengetahuan, keterampilan, pengalaman serta wawasan berpikir para pelaku usaha perikanan diharapkan dapat mengembangkan potensi perikanan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur sehingga nantinya dapat meningkatkan produksi hasil perikanan yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga, dan  meningkatkan pendapatan daerah khususnya di sektor Perikanan.