Serah Terima Bantuan Pakan Ikan Mandiri

Sabtu (20, Oktober 2018), telah dilaksanakan serah terima bantuan pakan ikan mandiri dari Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan melalului BPBAT Mandiangin. Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur mengawal serah terima pakan dari pihak BPBAT Mandiangin kepada POKDAKAN (Kelompok Pembudidaya Ikan) Jaya Abadi, di Desa Bapeang. Penyerahan bantuan pakan ikan dihadiri oleh Kepala Bidang Standardisasi dan Pengelolaan Perikanan, bersama Kasie Potensi dan Pengelolaan Perikanan.

Pemberian bantuan ini adalah kelanjutan dari bantuan benih dan pakan yang dijanjikan oleh Direktorat Jendral Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan. Bantuan pakan yang diberikan sebanyak 5 ton, didatangkan dari BPBAT Mandiangin, Banjar. Jenis pakan yang diberikan adalah pakan tenggelam untuk pembesaran ikan patin dengan kadar protein 20 – 25 % yang diproduksi mandiri oleh BPBAT Mandiangin.

Pakan ikan merupakan komponen penting dalam usaha perikanan budidaya. Secara teknis, biaya pakan dalam budidaya adalah sekitar 60 – 80% dari biaya produksi. Bantuan ini dapat meningkatkan pembuatan dan pemanfaatan pakan ikan mandiri dari berbagai jenis bahan baku lokal serta mengurangi biaya produksi.

Kelompok sangat berterima kasih atas bantuan pakan yang diberikan, karena dapat menekan biaya pakan. Tujuan pemberian bantuan pakan mandiri ini untuk menekan biaya produksi sehingga dapat memaksimalkan produksi ikan patin di Desa Bapeang yang merupakan sentra ikan patin di Kabupaten Kotawaringin Timur.