DINAS PERIKANAN KAB.KOTIM BERPARTISIPASI PADA PAMERAN GELAR TEKNOLOGI PANGAN HARI PANGAN SEDUNIA KE 38 TAHUN 2018 DI BANJARBARU

Hari Pangan Sedunia (HPS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 16 Oktober. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan hari terbentuknya badan pangan dunia atau FAO. Tahun ini di Indonesia puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke 38 Tahun 2018 dipusatkan di Kota Banjarbaru dan Desa Jejangkit Muara Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan yang berlangsung dari tanggal 18-21 Oktober 2018. Dengan tema “Optimalisasi pemanfaatan lahan rawa menuju Indonesia lumbung pangan Dunia”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan HPS ke 38 Tahun 2018 yaitu diselenggarakannya Pameran Gelar Teknologi Pangan, dan juga ditampilkan contoh-contoh Kampung Peternakan, Kampung Perkebunan, Kampung Tanaman Pangan, Kampung Holtikultura dan Kampung Lestari. Selain itu juga diadakan Seminar Nasional, Tur Diplomatik, Panen Raya, Penanaman Bibit Pohon, hingga pemecahan Rekor MURI dengan makanan kaya Nutrisi, dan sederet seremoni pelatihan dengan tajuk pemanfaatan teknologi dibidang pertanian. Stand Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada pameran ini menampilkan budidaya ikan sistem bioflok dan minapadi.

Dinas Perikanan Kab.Kotim pada HPS tahun ini ikut berpartisipasi dalam pameran gelar teknologi pangan yang bergabung di stand Provinsi Kalimantan tengah yang merupakan gabungan dari beberapa kabupaten yang ikut serta dalam HPS kali ini.  Dalam pameran ini ditampilkan dan dipromosikan berbagai produk olahan pangan dari hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang merupakan produk unggulan dari masing-masing daerah. Dinas Perikanan Kab.Kotim kali ini menampilkan dan mempromosikan berbagai inovasi olahan dari ikan terutama ikan jelawat sebagai ikon daerah Kotawaringin Timur seperti stik ikan, kerupuk ikan, sambal ikan, dll.