DINAS PERIKANAN KAB. KOTIM BERPARTISIPASI MENGIKUTI KALTENG TRADE EXPO 2018 DI PALANGKA RAYA

Pemprov Kalteng Melalui Disperindag mengadakan Pameran produk unggulan Kalteng, yakni Even Kalteng Trade Expo 2018 yang dilaksanakan pada hari sabtu 29 september s/d 3 oktober 2018 dengan lokasi pameran di THR Temanggung Tilung. Pembukaan pameran oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, selaku mewakili Gubernur Kalteng.

  Dalam sambutan pembukaan pameran Pj. Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, Kalteng Trade Expo ini merupakan ajang promosi yang memiliki nilai lebih, Karena di pameran ini menyediakan produk-produk unggulan yang mampu diekspor ke luar negeri, seperti Jepang dan negara internasional lainnya. Ia menjelaskan, Provinsi Kalteng memiliki luas wilayah terluas kedua atau satu setengah Pulau Jawa. Disamping luas wilayah, Kalteng juga memiliki sumberdaya alam berlimpah, sehingga menjadi kebanggan Sekaligus tantangan terbesar agar bisa mengelola sumber daya alam jadi bermanfaat dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.“Kalteng harus maksimal dalam mengelola sumber daya alam ditengah persaingan ketat era pasar digital, maka itu perlu usaha dan upaya yang salah satunya promosi dagang, melalui Kalteng Trade Expo 2018 ini. Karena gubernur telah berkomitmen untuk hal itu, yakni mengembangkan karya nyata untuk peningkatan ekspor dari Kalteng,”ungkap Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Komitmen kuat dan wujud nyata Pemprov Kalteng untuk melakukan pembenahan dan peningkatan ini, sebagai upaya untuk mendorong laju Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga terwujudnya Kalteng Berkah.”Gubernur menginginkan semua turut andil mendorong agar produk Kalteng menembus pasar internasional,”.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng Hatta selaku ketua panitia Kalteng Trade Expo 2018 mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini meningkatkan citra Kalteng di dunia internasional melalui produk yang berkualitas dan berdaya saing internasional“. Pada kegiatan ini, Ada 44 stand, pesertanya dari Kalteng dan ada juga yang berasal dari luar kaltreg. Pada kegiatan ini juga menampilkan berbagai lomba dan menawarkan produk ekspor, disamping itu juga menyuguhkan berbagai pagelaran dengan menampilkan informasi peluang bisnis, jazz festifal, pentas seni, konser music dan lain sebagainya termasuk pasar rakyat dengan berbagai jajanan tradisonal untuk kemajuan warga Kalteng dan mewujudkan Kalteng berkah,”

Dalam acara pembukaan Kalteng Trade Expo tersebut dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, OPD se-Kalteng, Danrem 102 Panju Panjung, Wakil Walikota  Palangka Raya, Bupati Barut, Wakil Bupati Pulang Pisau, Wakil Bupati Katingan serta Wakil Rektor Universitas Palangka Raya.

Setelah pembukaan Pj. Sekda bersama rombongan melakukan kunjungan ke Stand peserta Kalteng Trade Expo 2018, salah satu yang dikunjungi adalah Stand Kab. Kotim yang tergabung dari beberapa OPD (Disperindag, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian), di sini Bapak Pj. Sekda melakukan wawancara dengan anggota UKM dari Kotim menanyakan produk unggulan apa dari Kotim yang dibawa peserta pada pameran kali ini adalah olahan yang berasal dari Ikan Jelawat yang merupakan Ikon Sampit yaitu Wadi Jelawat, Sambal Kandas Jelawat, Stik, pangsit, abon, sambal patikala jelawat, Kerupuk Jelawat dan produk lainnya berupa ikan asin, Terasi dan Udang Papai.