Kunjungan Dinas Perikanan Bersama Anggota Dewan di POKDAKAN “MANJUHAN BELUM” Kelurahan Tanah Mas

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur beserta rombongan meninjau lokasi kelompok Pembudidaya Ikan “MANJUHAN BELUM” yang ada di Kelurahan Tanah Mas, kecamatan Baamang kabupaten Kotawaringin Timur pada Kamis (13/09/2018).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur, Drs. HERIYANTO, SH.,M.Pd didampingi oleh Kepala Bidang Standardisasi dan Pengelolaan Ir. Tegoeh Soesioto bersama dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotawaringin Timur Komisi III Hero Harapanno Mandouw, Dadang H Syamsu.

Rombongan diterima oleh lurah dan ketua POKDAKAN setempat di Kantor Kelurahan Tanah Mas yang kemudian langsung menuju lokasi kolam dan karamba milik kelompok tersebut. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memantau dan mengetahui kondisi kolam dan karamba milik POKDAKAN “MANJUHAN BELUM” yang rencananya akan diberikan bantuan benih, terutama benih ikan jelawat. Ikan Jelawat yang merupakan ikon kota Sampit dengan nama latin Leptobarbus hoevenii ini merupakan ikan asli yang berasal dari perairan sungai di pulau Kalimantan, ikan ini memiliki rasa yang gurih sehingga cukup diminati dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan misi Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur “Menjadikan komoditas dan produktivitas Kelautan dan Perikanan guna mewujudkan ketahanan pangan yang memiliki spesifik, brandid dan berdaya saing dalam pangsa pasar lokal, regional, dan nasional”. Kelurahan Tanah Mas merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk budidaya ikan jelawat.

Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia disaat hadir dalam acara panen raya ikan patin di Desa Bapeang menyerahkan bantuan berupa 1 juta ekor benih ikan (patin, nila, jelawat dan lele) dan 5 ton pakan mandiri. Sedangkan untuk meningkatkan kemandirian sekaligus keuntungan usaha pembudidaya, juga segera diserahkan mesin pakan mandiri. POKDAKAN “MANJUHAN BELUM” menjadi salah satu kelompok yang akan mendapatkan bantuan benih ikan jelawat dari pusat, Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan. Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berencana meningkatkan jalan produksi untuk mempermudah akses kelompok melakukan kegiatan distribusi dan pengawasan keramba di sungai. Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat dan daerah diharapkan mampu meningkatkan perekonomian kelompok serta meningkatkan produksi ikan jelawat di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dinas Perikanan sangat mengapresiasi semangat dari POKDAKAN “MANJUHAN BELUM” yang berusaha memajukan kelompoknya walaupun dengan sarana dan prasarana yang terbatas tetapi mereka tetap beraktifitas dalam melakukan kegiatan budidaya ikan jelawat di keramba jaring apung. Peran serta kelompok sebagai mitra pemerintah daerah sangat diperlukan untuk menjadikan program prioritas Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur dalam membudidayakan ikan jelawat yang akan berdampak pada pengembangan kawasan sentra perikanan, peningkatan produksi, serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan.